~~~ Welcome to my blog! And don't forget to visit again ^^ Arigato! ありがとう ~~~
Welcome to Chovanila Zone Blog! Please leave a chat or comment :)
RSS

Friday 6 December 2013

Contoh Pidato tentang Lingkungan - Tugas Bahasa Indonesia

Hai ! Membuat pidato tak terlalu sulit sebenarnya, tapi juga tak mudah. Meskipun temanya sederhana, terkadang rumit juga pembuatannya. Ini contoh pidato tentang lingkungan... Jika ada kurangnya, mohon maklum ... Selamat membacaaaa ~~

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat sore dan salam sejahtera bagi kita semua
Yang kami hormati, Kepala desa serta para warga Desa Sukananya.
            Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena rahmat dan hidayah-Nya, kita bisa berkumpul di lapangan sore hari yang agak mendung ini. Terima kasih kami ucapkan kepada para warga, karena telah menyempatkan waktu untuk hadir kemari dalam acara yang bertemakan “Hijau, Indah, nan Bersih Alamku.”
            Sebelumnya, kita sebagai manusia harus menyadari, bahwa lingkungan adalah tempat kita menggantungkan hidup. Keadaan lingkungan akan berdampak pada diri kita sendiri. Jika kita tak pandai merawat lingkungan, maka bencana pun akan timbul.
            Lingkungan yang hijau nan bersih, akan berdampak positif terhadap tubuh kita, yaitu kesehatan terjaga, udara di sekitar menjadi sejuk, nyaman dilihat oleh mata, dan menghindarkan kita dari bencana yang mungkin dipengaruhi oleh musim, contohnya banjir. Sebaliknya, lingkungan yang kotor akan menimbulkan dampak negatif, diantaranya banyak penyakit yang menyerang tubuh kita, kenyamanan pun berkurang, dan bencana akan datang pada saatnya, contoh saat musim hujan terjadi banjir.
            Saya sebagai perwakilan dari Dinas Kebersihan Sidoarjo, akan membahas upaya-upaya untuk menciptakan lingkungan yang hijau nan bersih. Diantaranya yang pertama yaitu mengadakan kerja bakti. Para warga membersihkan desa bersama-sama. Seminggu sekali saja, yang penting rutin. Bagaimana bapak dan ibu, bisa diterima usulnya?
            Upaya kedua yaitu penanaman bibit-bibit tanaman di setiap rumah. Kami akan membagikan beberapa bibit untuk ditanam. Ada bibit tanaman adenium, kamboja, dan beberapa tanaman hias lainnya. Ini dilakukan agar lingkungan sekitar rumah menjadi hijau dan sedap dipandang. Kenyamanan pun dapat tercipta.
            Tips selanjutnya adalah kedisiplinan kita dalam membuang sampah. Jika kita membuang sampah di tempatnya, pencemaran pun tidak ada lagi. Selain itu juga mengurangi polusi udara karena pencemaran bau.
            Harapan kami, semoga warga desa Sukananya dapat menjaga kebersihan lingkungan, dengan mengamalkan usaha-usaha yang kami berikan. Juga, para warga dapat mengembangkan kreativitasnya untuk menciptakan lingkungan yang hijau nan asri.
            Kesimpulan dari pertemuan kita pagi ini adalah, lingkungan yang hijau dan bersih, menciptakan suasana yang nyaman, dan kesehatan pun terjamin.
            Demikian para bapak ibu, yang dapat saya jelaskan mengenai kebersihan lingkungan.
            Akhir kata, saya meminta maaf jika ada perkataan maupun perbuatan yang salah dan kurang berkenan di hati para warga. Terima kasih atas perhatiannya.
            Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment