~~~ Welcome to my blog! And don't forget to visit again ^^ Arigato! ありがとう ~~~
Welcome to Chovanila Zone Blog! Please leave a chat or comment :)
RSS

Friday 24 January 2014

Sistematika Laporan Hasil Penelitian - Panduan 2

Karena sebelumnya admin telah memposting Sistematika Proposal Penelitian - Panduan 1 , kali ini admin mau memposting Panduan 2, yaitu panduan yang merupakan kelanjutan dari sebelumnya. Berikut ini sistematika laporan hasil penelitian, dengan maksud membantu seseorang dalam menyusun laporan hasil penelitiannya dengan urutan yang sesuai ...

Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

Bab II Landasan Teori, Kerangka Berpikir, Hipotesis
A. Landasan Teori
B. Kerangka Berpikir
C. Hipotesis

Bab III Prosedur Penelitian
A. Metode Penelitian
B. Populasi / Sampel
C. Instrumen Penelitian
D. Teknik Pengumpulan Data

Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan

Bab V Simpulan dan Saran
A. Simpulan
B. Saran

Mungkin banyak istilah yang kurang dimengerti bukan? Baiklah, berikut ini penjelasannya :

1. Hasil penelitian adalah hasil yang diperoleh dari rekaman data kegiatan eksperimen kemudian diolah untuk menguji hipotesis yang sudah dibangun, apakah hipotesisnya diterima atau ditolak.
2. Data yang diperoleh pada teknik pengumpulan data adalah data nyata hasil eksperimen yang direkam dalam instrumen penelitian.
3. Pembahasan adalah pengulasan terhadap penerimaan atau penolakan terhadap hipotesis yang dibangun siswa
4. Simpulan adalah hasil akhir dari seluruh kegiatan penelitian yang dilakukan siswa
5. Saran adalah harapan yang disampaikan oleh siswa berkenaan dengan kegiatan penelitian.
6. Kerangka berpikir adalah alur berpikir siswa yang merupakan dasar untuk membangun hipotesis
7. Hipotesis adalah suatu dugaan yang dibangun dengan kalimat "jika ................... , maka .......................". Hipotesis juga dapat berupa suatu pertanyaan, misalnya "Apakah jenis gula mempengaruhi kemampuan air melarutkan gula?"
8. Metode penelitian adalah metode yang digunakan oleh siswa untuk mendapatkan data penelitian (contoh : metode eksperimen untuk penelitian kuantitatif, metode survey untuk penelitian kualitatif). Sebuah rancangan penelitian kuantitatif harus memiliki 3 variabel, yaitu variabel manipulasi, variabel kontrol, dan variabel respon. 
Variabel manipulasi adalah variabel yang dapat diubah-ubah. Contoh : Judul penelitian "Pengaruh banyaknya kulit jeruk sebagai pengusir nyamuk". Nah, variabel manipulasinya yaitu banyaknya kulit jeruk.
Variabel kontrol adalah variabel yang menjadi pengontrol antara manipulasi dan respon agar tidak berubah. Variabel kontrol sifatnya tetap, tidak boleh diubah-ubah. Contoh : Judul penelitian sama seperti diatas. Variabel kontolnya yaitu jenis kulit jeruk, jenis wadah yang digunakan, dll.
Variabel respon adalah variabel yang merupakan hasil dari pengamatan yang telah dilakukan. Contoh : variabel respon judul diatas ialah jumlah nyamuk yang mati.
9. Populasi adalah jumlah objek yang akan diteliti dan diambil datanya.
10. Instrumen penelitian adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam penelitian untuk mendapatkan data dan untuk merekam data hasil percobaan / survey.
11. Teknik pengumpulan data adalah cara untuk mendapatkan data melalui tahapan-tahapan yang berurutan/prosedural.
12. Latar belakang adalah sesuatu yang berupa kejadian atau fenomena yang ditangkap oleh siswa dan diasosiasi sehingga menimbulkan keinginan untuk memahami lebih lanjut tentang hal tersebut atau mencari solusi jika hal tersebut merupakan suatu masalah yang memerlukan solusi.
13. Rumusan masalah adalah suatu hal berupa masalah yang dimunculkan sebagai hasil siswa mengasosiasi kejadian atau fenomena yang ditangkapnya.
14. Tujuan penelitian merupakan tujuan siswa melakukan penelitian
15. Manfaat penelitian adalah manfaat bagi peneliti/siswa, bagi orang lain, dan bagi lingkungan.
16. Landasan teori adalah teori atau konsep yang melandasi kerangka berpikir siswa.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment