~~~ Welcome to my blog! And don't forget to visit again ^^ Arigato! ありがとう ~~~
Welcome to Chovanila Zone Blog! Please leave a chat or comment :)
RSS

Friday 14 February 2014

Catatan Jurnalku : Letusan Gunung Kelud 2014 (1)

Jumat, 14 Februari 2014

Sidoarjo -  radifafarah.blogspot.com  (14/02) Letusan gunung Kelud (13/02) kemarin, sekitar pukul 22.50 WIB, sangat meresahkan warga sekitar. Gunung yang terletak di perbatasan kota Kediri dan Blitar itu meletus setelah dinyatakan berstatus 'Awas' 45 menit sebelumnya. Tak ada yang menyangka, betapa dahsyatnya letusan gunung Kelud tahun ini. Beberapa daerah di Jawa Timur hingga sebagian Jawa Barat pun terkena imbasnya. Salah satunya yaitu kota Sidoarjo. Padahal, letak kota ini lumayan jauh dari lokasi gunung, ± 200 km. Setelah letusan gunung Kelud terjadi, hujan abu melanda kota udang ini. Keesokan paginya, Sidoarjo penuh kabut abu vulkanik. Tentunya, keadaan ini sangat mengganggu pengguna jalan dalam hal berkendara. Ditambah lagi jalanan yang penuh debu abu vulkanik. Tak salah, jika banyak pengendara kendaraan bermotor yang kelilipan. Untungnya, sore hari (14/02) hujan turun. Setidaknya, air hujan tersebut dapat membantu warga membersihkan abu vulkanik yang mengotori halaman rumah dan sekolahan. Contohnya, seperti yang terjadi di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Lapangan basket, futsal, bahkan kelas dan ruangannya sangat licin dipenuhi abu vulkanik. 



Kejadian seperti ini hanya 7 tahun sekali terjadi. Tak heran, sekolah-sekolah di Jawa Timur untuk hari Sabtu diliburkan karena kondisi Gunung Kelud yang masih labil dan bisa meletus sewaktu-waktu. 

Penjelasan diatas kiranya cukup membahas letusan Gunung Kelud 2014. Untuk selanjutnya, bisa ditunggu posting 'Catatan Jurnalku' yang lain. Thanks for read! -Rr. Dantya Farah Fortuna-

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment